Terlalu sering saya mendengar ungkapan : SEHAT itu MAHAL - mungkin bagi kebanyakan orang ungkapan itu sudah begitu FAMILIAR.
Setelah dipikir-pikir saya anggap ungkapan itu KURANG TEPAT; yg MAHAL itu bukan SEHAT tapi SAKIT...
Untuk SEHAT itu gampang. Caranya adalah :

CUKUP ISTIRAHAT, kebanyakan kita lantaran kesibukan jadi melupakannya. Ajaran Islam mencontohkan melalui Rasul SAW yg selalu tidur maksimal pukul 21.30 dan bangun lagi di sepertiga malam. Rasul SAW juga mencontohkan agar cara tidur kita selalu dengan memiringkan badan ke kanan - penasaran kenapa? silakan cari tau sendiri, he he.

CARA MANDI, kebanyakan kita  langsung main guyur saja ke sekujur tubuh. Padahal Islam mengajarkan melalui Rasul SAW agar mandi kita diawali dengan membasahi tubuh bagian paling bawah dulu - penasaran kenapa? silakan cari tau sendiri juga, he he.

OLAH RAGA, lantaran kesibukan juga kebanyakan kita jadi mengabaikannya. Padahal Rasul SAW kalau bepergian ga jauh-jauh amat, semisal ke pasar dan ke mesjid selalu jalan kaki meskipun ada unta.

BERJEMUR di BAWAH SINAR MATAHARI pagi, lantaran kesibukan juga kebanyakan kita jadi mengabaikannya. Padahal sinar matahari pagi bagus untuk kesehatan kulit di antaranya.

MAKAN TERATUR, dalam ajaran Islam selain Rasul mencontohkan kepada kita untuk makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang dianjurkan juga agar makanan dan minuman kita HALALAN TOYYIBAN - mendapatkannya dengan CARA yg BENAR selain harus bersih, sehat, dan begizi tentunya. Jangan pula makan dan minum secara berLEBIHAN.

PUASA, dalam ajaran Islam puasa diwajibkan sebulan penuh tiap Ramadhan. Disunnahkan setiap hari Senin dan hari Kamis. Sangat dianjurkan selang 1 hari - SEBAIK2NYA PUASA adalah PUASAnya NABI DAUD. 
Puasa bahkan dipandang mujarab di dunia medis.

POSITIVE THINKING, selalu berpikir positif. Dalam ajaran Islam kita diajarkan untuk selalu berprasangka baik - HUSNUZHZHON.

REFRESHING, hiburan juga tentu perlu. Pergi ke tempat-tempat, misal pantai, pegunungan, dan lain-lain tempat rekreasi agar hilang semua kepenatan - resah dan gundah. Agar kita selalu bisa bercanda, tersenyum, dan tertawa, selain tadabur alam (mengenali Sang Pencipta melalui CiptaanNYA; 
alam dunia beserta isinya). Dalam ajaran Islam : senyum, tawa, dan canda adalah bagian dari SEDEKAH.

Bila menurut pembaca masih ada point lain, silakan tambahkan sendiri, he he.

Yang jelas saya berpendapat SEHAT itu MURAH bahkan bisa jadi GRATIS justru SAKITlah yg MAHAL. Tinggal balik ke diri kita MAU atau TIDAK melakukan point-point yg sudah dipaparkan di atas?




Ciamis, 24 Nopember 2018

diposting saat penulis

sedang sakit berkepanjangan

Salam

0 komentar :

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.
loading...

Entri Populer