Dalam dua bulan terakhir ini sudah dua kali BB saya kecebur bak mandi. Penyebabnya sama, pas sedang ngambil air wudlu (kebiasaan saya menyimpan BB di saku baju dalam keadaan kancing terbuka).
Alhamdulillah, sampai detik ini BB saya masih hidup. Karena pas kejadian, saya langsung mencabut baterai dan membiarkan lama baterai dan perangkat BB sampai kering.

Tetapi masalahnya adalah, belakangan kerap terjadi BB saya mendadak mati (matinya sembarang; kadang di posisi baterai 45%, 25%, pokoknya kapan saja), padahal saya yakin baterai BB masih cukup untuk memberi daya sampai beberapa jam ke depan. Saya tidak tahu penyebabnya; apakah karena dulu pas pertamakali membeli saya tidak menchargenya sampai 8 jam atau apakah karena gara-gara kejadian dua kali kecebur bak mandi.

Saya mencoba untuk mengupgradenya ke os versi terbaru tapi masalahnya tetap sama (meskipun sebelum proses upgrade saya wive dulu melalui opsi keamanan dan juga dengan BBSAK). Tidak hanya itu, saya pun mencoba membuang semua aplikasi dari pihak vendor ketiga, tetap saja penyakitnya ga sembuh-sembuh. Masuk ke safe mode pun sudah saya coba, hasilnya tetap sama. (cara masuk safe mode; cabut baterai lalu pasang terus langsung tekan jangan lepas tombol backspace sampai masuk mode aman lalu klik ok)

Untung-untungan, saya mencoba membiarkan BB nyala sampai indikator BB berubah menjadi warna merah (hampir habis) - o ya BB saya mati sembarang kalo lagi digunakan tapi kalo dibiarkan ga. Kemudian BB saya charge, setelah indikator baterai full lalu saya cabut baterai dan saya biarkan selama kurang lebih 5 menit sebelum kemudian saya pasang kembali. Namun, hasilnya tetap sama, penyakit BB saya ga hilang-hilang.

Di saat saya mulai putus asa, penasaran BB saya biarkan lagin menyala, kali ini sampai baterainya benar-benar habis. Setelah itu saya charge kurang lebih 8 jam. Dan .................................................. ternyata hasilnya tetap saja sama.

Akhirnya saya mencoba memflasher BB saya. Caranya gampang, download dulu flashernya di sini. Setelah selesai koneksikan BB ke PC lalu klik flasher. (yakinkan di komputer telah terinstal BB Desktop Manager dan BB device software/os update) Ini adalah cara terakhir, pikir saya. Kalau dengan cara ini BB saya tidak sembuh juga rencananya saya akan membeli BB baru. Tapi alhamdulillah, cara yang terakhir ini telah memecahkan kebuntuan saya. BB saya akhirnya sembuh seperti sedia kala.

CATATAN : Setelah selesai melakukan flash, saya tidak mengembalikan backup BB saya (khawatir ada sesuatu yang salah di bakcupnya). Yang saya lakukan sebelumnya hanya memindahkan dulu phonebook ke simcard. Ada pun untuk kontak BBM, saya kemudian meminta teman-teman saya yang sebelumnya ada di kontak BBM  saya, untuk reinvite.
Jika teman-teman mempunyai masalah yang sama dan telah mencoba meniru beberapa langkah yang telah saya lakukan seperti di atas tapi ga berbuah hasil, coba perhatikan indikator baterai di screen dan di menu option. Jika berbeda, itu artinya baterai BB teman-teman sudah saatnya diganti.

30 komentar :

  1. gan. ane mau nanya niih.. hp ane ada masalah sama kaya yang di blog agan .. pas ane write flash hp ane malah rebort gan.. itu kenapa yaa..??
    apa batrenya harus digantii..??
    tapi setiap rebort batre ane gapernah ngurang gan..

    tolong bantuannya dong gan..
    makasih..

    BalasHapus
  2. Ciri baterai sudah aus, di saat indikator baterai masih cukup suka ada warning battery low atau battery dry, kemudian bb restart atau shutdown.(sudah pernah saya alami) Kalo kayak gitu ganti baterai dengan yg double ic / power. Banyak tersedia di outlet. Untuk onyx harganya kisarang 65 ribu untuk jenis lainnya saya kurang tahu.

    BalasHapus
  3. saya juga mengalami masalah yang sama.. saya mencoba mengganti dgn baterai lain, ttp saja msh ngalamin seperti kejadian tersebut.. pertanyaan nya ,, jika harus melakukan flasher, apa tidak ada efek lain untuk bb tersebut,.. trims..

    BalasHapus
  4. Efeknya ga ada. (Kalo ga sembuh juga coba lihat di bongkar pasang sendiri blackberry. Periksa PCBnya, dan bersihkan dari karat dan kotoran. Nah kalau cara ini ga berhasil juga, bawa ke tempat service terdekat, khawatir ic power atau ada komponen lainnya yang harus diganti)

    BalasHapus
  5. permisi gan hp saya juga sama kaya agan tapi saya udah tanya ditempat sayan beli katanya yang rusak IC POWER, IC PA, IC RF, IC ZOKUS
    nah tapi saya masih gapercaya soalnya hp saya sebelum rusak itu gak jatoh sama sekali
    apakah jika saya pakai flasher bisa ?
    dan untuk apa kegunaan flasher ?
    dan tolong minta cara caranya semua plisss yah gan
    bingung banget gan, katanya kalo servise harus bayar 850K

    BalasHapus
  6. Flasher itu sama denga install ulang. Coba baca posting BELAJAR UPDATE SENDIRI OS BLACKBERRY.

    BalasHapus
  7. Agan hp saya juga gtu 50 persen sudh mati

    Ap harus d flash juga ya?
    Mohon bntuan nya gan

    BalasHapus
  8. Ya ga ada salahnya kalo dicoba kan? Baca posting update sendiri blackberry. Kecuali kalo sebelum BBnya mati ada pemberitahuan baterai kering/habis, itu cukup dengan mengganti baterainya saja.

    BalasHapus
  9. Gan saya mau nanya...
    Bb saya kan bru beli trus ane cas smpai penuh
    Dh penuh ane biarin tnpa ane pakai, tp kok baterai ny brkurang sendiri y
    Tolong pencerahannya

    BalasHapus
  10. Saya mengalami hal yg sama! ...dan semua yg kamu lakukan juga aku lakukan. Dan tetap restart tak kenal waktu. Lalu..... Kini dia sudah sembuh. Solusinya in-stall paper alias ganjal batre pake kertas or tisu. So, antara batre dan tisu dikasih tisu. So dia padat. Solusi ini aku lakukan dengan analisa jika sdg dicharger bb ga perlu off-restart. So diagnosa 'orang awam di IT' itu terjadi krn batre longgar :) dan Taraaaa.. Jadilah ON selalu kini.

    BalasHapus
  11. Saya juga punya masalah yg sama, baru beli onyx 2 baru dipake 2hari langsung drained terus di status batre yg masih 40%-an sampai sekarang usia hp ditangan saya 3bulan tetep aja, saya pake os terbaru untuk onyx 2, sangat menguras emosi :D kalo lagi penting2nya, tolong pencerahannya, tutor flashernya juga, atau pin:26DF804C untuk yg mau ngasih saran, terimakasih banyak.

    BalasHapus
  12. Hp saya battrery nya sering ngedrop, padahal udah diganti battery baru yang ori, masih jugak gitu, udah di instal ulang juga, tapi kalau di restar lagi battre nya banyak lagi, terus saat batrai masih penuh kadang, jaringan nya off sendiri, kira kira apa masalahnya tu gan?

    BalasHapus
  13. الْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن
    Akhirnya onyx 2 saya sembuh dengan ganti charger.
    Langkah²nya :

    1. Chek proses input & uotput di charger, caranya baca aja tulisan yg ada di charger itu Hehe, charger saya proses input & uotputnya :
    Input:100-240V-200mA 50-60Hz 11-17VA
    Uotput : 5V=750mA

    2.Saya putuskan untuk ganti charger (punya referensi juga soalnya saya waktu sma skolah di bidang IT :D ) bawa charger ke counter, beli charger baru yg pastinya mesti original dan sbelum saya buka saya liat di proses input & uotput di charger yg mau saya beli tersebut (kejadian masih di counter)

    3.(Masih di counter) kemudian saya samakan proses input & uotput charger lama & charger baru saya maksudnya calon charger baru saya soalnya belom dibeli masih diliat liat liat :D, benar saja dugaan saya ternyata proses uotput & inputnya berbeda.
    Charger lama :
    Input:100-240V-200mA 50-60Hz 11-17VA
    Uotput : 5V=750mA

    Charger baru :
    Input:100-240V-150mA 50-60Hz 10-20VA
    Uotput : 5V=700mA

    Tidak berfikir panjang langsung saya beli dan langsung saya cas si onyx 2 ini, lalu walaaaaaaa onyx 2 saya sembuh sampe sekarang.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan kalo sering ngerestar kenapa tuh gan kebetulan bb ane yang gemini 8520 lagi terpuruk karna penyakitnya tuhh,, padahal udah di flas , instal OS 3x . Wipe udah gatau deh saking banyaknya ,, batre juga udah ganti,,
      Tapi kalo lagi di cas mah lancar damai ajah gan,, udah gitu kalo mau jalan masukin ke kantong trus pas dibuka malah ngerestar,, solusinya dong gan,,, plisss :D
      Oiya kata konternya sih ganti Ic power,, tapi dia sendiri gak berani masang nya tuh gannn mohon ya hidayahnya hhehe

      Hapus
  14. Gan kalo sering ngerestar
    kenapa tuh gan kebetulan
    bb ane yang gemini 8520
    lagi terpuruk karna
    penyakitnya tuhh,, padahal
    udah di flas , instal OS 3x .
    Wipe udah gatau deh
    saking banyaknya ,, batre
    juga udah ganti,,
    Tapi kalo lagi di cas mah
    lancar damai ajah gan,,
    udah gitu kalo mau jalan
    masukin ke kantong trus
    pas dibuka malah
    ngerestar,, solusinya dong
    gan,,, plisss :D
    Oiya kata konternya sih
    ganti Ic power,, tapi dia
    sendiri gak berani masang
    nya tuh gannn mohon ya
    hidayahnya hhehe
    Pin :: 29E9F752

    BalasHapus
  15. bb saya sama seperti agan obet.sring merestart sendiri kadng2 indikator btrei nya msih putih pas sya buka lgi indikatrnya berubh wrna merh .
    sya sudah menghapus os saya dngn cra di wipe smpe ad bacannya error 507 siap itu sya upgread os trbru lgi tpi ttp saja penyakit nya gk hilng2
    yg ada solusinya tlng di bntu ya agan2
    pin:2a5a31d9

    BalasHapus
  16. Kalo provider ada hubungan nya gak gan dengan baterai?

    BalasHapus
  17. gan saya punya masalah sama bb bold 9700 mati gk bisa restar dan langsung muncul gambar batre silang kira kira itu harus ganti batre apa gmna gan tolong gan info nya

    BalasHapus
  18. gan, mau nanyak.
    baterai bb gemini saya cepat habis. paling lama 7 sampai 8 jam.
    dalam keadaan tidak dipakai sama sekali..
    bahkan sinyalnya pub juga di matikan..
    ini terjadi setelah bb saya saya instal sendiri..
    apanya yg salah ya...

    BalasHapus
  19. Gan mau tanya....bb sy kokk gag bisa kluar folder atau aplikasi nya setelahh loading....
    Hanya tertera tulisan blackberry yg besar....

    BalasHapus
  20. kedetek virusssss om filenya

    BalasHapus
  21. gan bb saya hbs batre nya hingga nol, shbs itu saya cas dekstop , tp 1jm pengisian cuma ke isi 15%, tak cas ke bb kok malhan terputus terus petir nya. gmna ya gan itu, tolong hub saya 089638849199

    BalasHapus
  22. Sekedar berbagi ilmu.
    TAnda jika bb anda bermasalah dengan baterainya.
    1. Sering restart sendiri,sebelum restart baterainya merah, setelah hidup lagi baterai full,
    2. Peringatan batery drained padahal indikator baterai masih cukup atau bahkan full,
    3. Seperti nuked, tidak kuat start, kembali lagi dari awal, tapi kadang masih bisa ke menu, sebentar lalu mati lagi, tapi kalau ∂ΐ~ colok charger bisa normal.
    4. NGgAk mau hidup, hanya kedip merah sekali lalu led mati.ketika ќΐτà masukkan baterai.

    Kira kira itu saja ϒɑ̲̮̲̅͡ÑԌ bisa jadi pertimbangan bahwa bb anda bermasalah dengan baterainya.

    Solusinya,
    Lepas baterai,memory, kartu. Lalu colokkan ke HP ke charger/bisa juga dengan desktop software ∂ΐ~ kompi. Lalu setelah α̇̇̇̊ϑά̲̣̣̣̥ tanda baterai disilang segera masukkan baterai, lihat saja apakah bb anda segera start up atau tidak ( biasanya lama ) kalau bb anda bisa start up dengan normal. Biarkan sampai baterai penuh, kira2 2,5 jam. Kalau bb anda tidak bisa start up. Segera cabut charger lalu lepas baterai. Charge dengan desktop beberapa menit. Setelah dirasa cukup terisi. Kembali colokkAn HP ke charger tAnpa baterai hingga tanda silang, lalu masukkan baterai, tunggu hinGga penuh. Selama pengisian apabila indikator mulai dari baterai merah, bisa dipastikan baterai anda kembali normal, apabila beberapa detik, indikator ∂ΐ~ 100 %. Berarti baterai anda soak.

    BalasHapus
  23. Cara dari agan ryants sudah saya lakukan tetapi hasilx sama ja. Trus gmn solusix gan???

    BalasHapus
  24. Gan, bbz10 saya sinyalnya muncul silang merah..saya sdh coba ganti kartu sim tp tetap muncul tanda silang kemudian saya bawa ke toko ditempat saya beli untuk diservis krn garansi toko. Stlh 1 mggu saya dihubungi bahwa ic power bbz10 saya kena/rusak dan harus diganti, apa benar begitu gan? Mohon penjelasannya krn saya tkt dibohongi krn awam mslh bb dan ganti ic power itu biaya 1jt.

    BalasHapus
  25. Gan bb amstrong saya tampilan gambar nya penuh terus tapi klo di pake lama-lama ada peringatan lowbat tapi tampilan baterai nya masi penuh ...
    Tolong solusi nya ?

    BalasHapus
  26. Gan bb amstrong saya tampilan gambar nya penuh terus tapi klo di pake lama-lama ada peringatan lowbat tapi tampilan baterai nya masi penuh ...
    Tolong solusi nya ?

    BalasHapus
  27. Mau Belajar Buat Thema BB Sesukanya&Upgrade/Install Ulang os Sendiri (Hybrid OS a/ Os Offcial)Cocok Untuk Usaha cek» http://t.co/xGa0CheKqQ

    BalasHapus
  28. Gan saya mau nanya ini kan hp saya bb bold 9700 sering tiba2 mati truz kta cas dia restr ulang dia trus kalok udahnya batri kadang2 masih kdang habis, truz saya coba beli batri yg barU masih kayak gitu dia sering mati truz btri tiba habis mati trus, kalok kta cas dia udah 99 % cabut cas.a kembali dia truz hingga 20 % kta mgecas ndk sampe 1 hingga 2 jam trus puL gmna cara mengatasinya gan apa ada yg rusak dgn bb itu,,
    Gmna solusia.a gan minta tolong solusia,
    Bisa smz atau tlpon ke 087763299128

    BalasHapus


Diberdayakan oleh Blogger.
loading...

Entri Populer