Biasanya untuk menghidupkan mesin Mobil Timor kesayangan saya, caranya begini : kontak on > tunggu suara dengung fuel pump hilang > starter.
Tapi belakangan, hal tersebut hanya bisa dilakukan di pagi hari atau di saat kondisi mesin masih dingin. Sebaliknya hal tersebut tidak bisa dilakukan di saat kondisi mesin panas.
Di saat kondisi mesin panas, untuk menghidupkan mesinnya, caranya begini : langsung starter tidak lagi nunggu suara dengung fuel pump hilang.
Malah bukan itu saja, di saat kondisi mesin panas kadang starter terasa berat, seperti dalam kondisi accu mulai aus. Stress deh jadinya.

Untuk mengatasinya, seperti biasa saya melakukan googling. Dari sekian banyak jawaban hasil googling yang menurut saya  tepat adalah: memasang relay pada dinamo starter.

Lalu saya pun bergegas pergi ke bengkel dinamo terdekat di kota saya. Ongkosnya ga mahal-mahal banget : Rp. 150.000. Dan Alhamdulillah, masalahnya selesai. Mau mesin dingin ke, mau mesin panas ke, yang saya lakukan untuk menghidupkan mesin Mobil Timor kesayangan saya adalah : kontak on > tunggu suara dengung fuel pump hilang > starter dan ada satu lagi : jreng .. jreng... starter jadi ringan banget.

Note : jika cara di atas tidak menyelesaikan masalah, coba dirapatkan kembali CDI delconya, barangkali saja sudah renggang. Atau coba ganti relay main enginenya.

4 komentar :

  1. halo gan kebetulan masalah kita sama btw apakah relay yg di maksud sama dengan relay pada power Windows timor

    BalasHapus
  2. Relay biasa. Beda dgn relay obat kuat PW.

    BalasHapus
  3. Udah di kasih rilay kok tetep sama kenapa ya mohon petunjuk boss

    BalasHapus


Diberdayakan oleh Blogger.
loading...

Entri Populer