Tidak tahu kenapa, tiba-tiba saja RPM Mobil Timor kesayangan saya jadi naik turun. Kalau AC dinyalakan bahkan turunnya bisa sampai mesin mati. 
Padahal belum lama saya sudah mengganti semua busi berikut kabelnya, juga koil dengan yang baru.

Penasaran saya bersihkan injectionnya dengan menyemprotkan injection cleaner, barangkali saja bisa sembuh. Tapi tetap saja RPMnya naik turun. Lalu masih dengan harapan yang sama, saya coba membersihkan turtle idlenya. Tapi tetap saja penyakitnya ga sembuh.
Tidak berhenti sampai di situ, saya coba membersihkan ruang bakar. Saya buka semua busi (mesin dalam kondisi panas), lalu saya semprotkan injection cleaner ke semua lubang busi dan saya biarkan kurang lebih 15 - 20 menit. (maksudnya agar kotoran dan kerak-kerak di ruang bakar larut ke dalam cairan injection cleaner yang sudah disemprotkan). 
Setelah sampai waktunya 15 - 20 menit lalu saya lakukan starter agak panjang dan berulang. Lubang busi saya tutup terlebih dahulu dengan karton bekas yang sudah disiapkan sebelumnya. Maksudnya supaya kotoran yang keluar dari ruang bakar tidak mengotori mesin dan lainnya di sekitar mesin.
Proses starter agak panjang dan berulang terus saya lakukan dan saya hentikan ketika saya merasa yakin ruang bakar sudah bersih. Dari mana saya merasa yakin kalau ruang bakar sudah bersih? Ya dari karton bekas yang dipakai untuk menutupi lubang busi selama proses starter agak panjang dan berulang tadi. Jika di karton bekas tersebut sudah tidak lagi terlihat bekas kotor berarti ruang bakar sudah bersih.
Setelah ruang bakar bersih, saya pasang kembali semua busi dan kabel-kabelnya. Lalu saya hidupkan mesin, saya injak pedal gas yang lama di kisaran RPM 4000 - 5000, terlihat banyak asap putih yang keluar dari knalpot. Baru saya lepas pedal gas setelah knalpot sudah terbebas dari asap putih.

Alhamdulillah setelah cara yang terakhir, sampai sekarang RPM Mobil Timor kesayangan saya kembali normal, tidak naik turun lagi.
BACA JUGA POSTING ; PERTOLONGAN PERTAMA PADA RPM DROP.


6 komentar :

  1. Saya sudah lakukan langkah2 itu,dan saya sudah ganti isc nya dengan yg baru,tp masih naik turun rpmnya.apakah ada sulusi lain om untuk menangani rpm naik turun pada saat ac di nyalakan?trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cex otomatis ac ny... Bekerja g. Kl bekerja ketika ac nyalaa.. dia mendorong gas agar naik..
      Kl justr trun it berart bisa jadi dia tidak bekerja

      Hapus
    2. Terakhir pengalaman saya itu disebabkan settingan ISC dan TPS kurang pas. Dibutuhkan feel yg tepat untuk settingnya.

      Hapus


Diberdayakan oleh Blogger.
loading...

Entri Populer