Beberapa hari yang lalu saya sempat dibikin bingung gara-gara Samsung Galaxy Grand Duos kesayangan saya kedapatan bermasalah. Ingin tahu masalahnya? Tiap kali dipakai untuk memutar video, suaranya tidak keluar, pun tiap kali dipakai untuk memutar mp3, meskipun pengaturan suaranya sudah saya geser ke batas paling maksimal. Anehnya, nada dering telpon dan sms tidak ada masalah, tetap normal mengeluarkan suara. 

Iseng saya coba pake buat nelpon dengan menggunakan mode speaker phone, berjalan normal. Lalu saya coba memutar video, alhamdulillah akhirnya suaranya keluar juga. Mp3 pun saya coba putar, sama, akhirnya terdengar juga suaranya.
Kok bisa? pikir saya. Penasaran lalu saya merestartnya. Apa yang terjadi? Masalahnya kemudian muncul lagi. Tetap saja video dan mp3nya ga ngeluarin suara.

Untungnya saya bukan tipikal orang gampang putus asa :
- Saya matikan hp
- Saya nyalakan dengan menekan bersamaan tombol volume up, home, dan          power
Kemudian muncullah tampilan seperti screenshot berikut :

- Menggunakan tombol volume down saya arahkan kursor ke menu wipe       data/factory reset lalu saya enter dengan menekan tombol power
- Setelah proses factory reset selesai, menggunakan tombol volume up, saya   arahkan kursur ke menu reboot system dan mengenternya menggunakan       tombol power
Lalu HP pun akan menjalankan proses pengembalian ke setelan awal.
Alhamdulillah, Samsung Galaxy Grand Duos kesayangan saya sembuh seperti sedia kala setelahnya ...



Ini sekedar pengalaman yang saya sharingkan buat teman-teman setia blog kangdayoet. Mudah-mudahan cara di atas dapat juga digunakan pada type Samsung Smartphone lainnya, dan mudah-mudahan juga dapat dipakai untuk mengatasi error-error lainnya selain error yang kedapatan di Samsung Galaxy Grand Duos milik saya. 

0 komentar :

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.
loading...

Entri Populer