Meskipun terlambat tapi tidak ada salahnya kalau pada posting kali ini saya sharingkan panduan sederhana untuk instal windows 7 di komputer. Kenapa terlambat? Karena di saat posting ini saya buat, Microsoft sudah merilis Microsoft Windows 8. Kenapa harus saya postingkan? Karena belakangan banyak teman-teman saya yang meminta saya untuk sharing gimana caranya agar mereka bisa instal windows 7 sendiri di komputer mereka.
Yang jelas cara instal  windows versi yang mana pun pada prinsipnya sama.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal windows 7 :
  • Masukkan dvd os windows 7 ke dvd room (kalau tidak ada dvd room, ke eksternal dvd room, kalau tidak ada eksternal dvd room bisa memanfaatkan usb - silakan baca posting instal windows 7 dgn flash disk)
  • Restart komputer dan pindahkan booting komputer ke cd/dvd room (kalau pake usb ke usb flah disk, kalau pake eksternal cd room ke eksternal cd room). Untuk memindahkan proses booting silakan masuk ke bios (banyak langkah masuk bios; ada yg dengan menekan del, escape, f2, dan lain-lain, yang jelas tombol-tombol tersebut harus ditekan begitu komputer dinyalakan/sebelum masuk windows). Ada juga yang proses bootingnya tidak harus masuk ke bios dulu. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan beberapa perintah beberapa saat setelah komputer dihidupkan.
  • Setelah booting komputer dialihkan silakan tekan F10 (save perubahan). Beberapa saat setelah komputer dinyalakan akan muncul perintah 'pres any key to continue boot from cd. Silakan tekan tombol sembarang.
  • Biarkan lalu klik install now.
  • Silakan rubah format waktu disesuaikan dengan format waktu negara tempat tinggal saat muncul tampilan seperti di bawah ini :
  • Silakan pilih mau instal windows 7 versi yang mana saat muncul tampilan seperti di bawah ini : (saya memilih versi ultimate karena fiturnya yang paling lengkap).
  • Pilih disk partition 1 untuk lokasi instal windows 7. Kalau yang saya lakukan biasanya semua partisi saya hapus lalu bikin partisi baru (sebelumnya semua data penting saya bakup dulu ke flash disk kecuali kalau data-datanya berukuran besar saya backup ke cd) Adapun caranya adalah dengan klik driver option lalu delete partisi satu per satu. Setelah semuanya selesai, masih di drive option  klik new partition, mau jadi berapa partisi dan berapa ukuran per partisinya disesuaikan dengan ukuran hard disk. O ya jika ada warning permintaan tambahan partisi untuk system resume windows diok saja deh. 
  • Proses copy instalasi windows ke hard disk pun akan segera berjalan. Prosesnya kurang lebih 30 menitan. Setelah selesai windows pun akan restart otomatis. Jangan lupa untuk memindahkan booting komputer ke hard disk. 
  • Setelah windows mulai melakukan integrasi dengan komputer silakan masukan nama pengguna komputer saat muncul tampilan seperti di bawah ini :
  • Pada tampilan berikutnya silakan masukkan password kalau memang komputernya mau diproteksi silakan dikosongkan kalau ga. Lalu hilangkan tanda centang pada windows akan otomatis melakukan aktivasi secara online (kecuali kalau os windows 7nya original tanda centang ga usah dibuang)
  • Pilih custom (advanced) saat muncul tampilan seperti di bawah ini :
  • Tak lama sesudah itu akan muncul tampilan regional waktu diok/next ... selesai
  • Untuk merubah setting windowsnya silakan baca posting 'selamat tinggal pc lelet'.
  • Kalau belum punya windows aktivatornya download di sini





0 komentar :

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.
loading...

Entri Populer