Kemarin, saya iseng menyalakan komputer di rumah orang tua saya. Maksudnya sih mau ngeblog sambil menunggu kedatangan adik saya beserta keluarganya dari Malang.  
Tapi saya jadi dibuat heran, karena setelah CPU saya nyalakan, beberapa saat kemudian LCD monitornya mati, padahal setelah saya biarkan kemudian terdengar suara kalau komputer sudah login ke windows.

Penasaran, lalu saya restart, tapi ternyata hal serupa terjadi lagi. Monitor nyala tapi kemudian mati lagi. "Wah harus saya bongkar nih CPUnya, barangkali sudah banyak debunya, "pikir saya. Tanpa ditunda-tunda casing CPU pun saya buka. Ternyata benar, di dalamnya sudah penuh dengan debu. Bergegas saya berangkat ke tukang tambal ban untuk membersihkannya dengan kompresor. Tapi setelah dibersihkan  penyakitnya tidak kunjung sembuh juga.

Tidak berhenti di situ, connector dari CPU ke monitor saya bersihkan. Hasilnya tetap sama. Dan saya pun jadi terdiam, berpikir lama untuk menemukan solusinya sambil bulak-balik mematikan dan menyalakan CPUnya. Entah pada hitungan ke berapa tiba-tiba LCD monitornya mau nyala login ke windows. Saya pun mencoba merestartnya, tapi setelah itu balik ke kejadian semula, LCD monitornya mati sebelum login windows. Seperti sebelumnya, CPU pun saya matikan dan nyalakan bulak-balik sampai kemudian LCD monitornya mau nyala login ke windows.

Di sela-sela kebingungan saya, saya mencoba masuk ke control panel dan masuk ke display. Terlihat kalau yang digunakan display smaller. Lalu saya coba memindahkannya ke display medium. Dan komputer pun meminta restart atas perubahan yang telah saya lakukan. Apa yang terjadi? Ternyata LCD monitor mau nyala sampai login windows. Penasaran kemudian saya restart, Alhamdulillah selamat. Masih penasaran saya shutdown lalu saya nyalakan lagi, Alhamdulillah tetap selamat. Dan sampai hari ini, Alhamdulillah, komputer di rumah orangtua saya berjalan normal seperti sedia kala.







0 komentar :

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.
loading...

Entri Populer