Pada    awalnya  saya   enggan   untuk  menjadikan   blackberry   sebagai perangkat  genggam  komunikasi  saya.  Yang  terbayang  di  benak  saya adalah :   (1) Harganya mahal, dan   (2) Untuk mengaktifkan fitur-fiturnya harus menggunakan layanan data berbayar; BIS.
Tapi pada akhirnya, ketika saya lihat teman-teman saya mulai banyak yang menggunakannya, saya jadi terpengaruh juga dan  memutuskan untuk membelinya.
Ternyata menurut saya, menggunakan blackberry itu malah murah. Dengan tarip BIS yang pada umumnya dibanderol para operator selular lokal seharga 99 ribu/bulan (paket full), saya dapat browsing internet dan download sepuasnya, dapat mengirim dan menerima email, dapat membaca update berita-berita di berbagai media online, dapat chatting - saling berbagi dan berkirim gambar, lagu, dll, menggunakan  BBM, dan lain sebagainya. 

1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, saya pun mulai betah deh dengan Blackberry saya. Belakangan baru saya tahu dari informasi teman-teman dan Mr. Google, ternyata sama halnya dengan komputer blackberrypun menggunakan OS yang kemudian bisa diupdate. Saya sempat nanya ke beberapa counter HP, berapa biaya untuk mengupdatenya, ternyata lumayan mahal, berkisar antara 150 - 200 rb.
Lalu timbullah keinginan saya untuk dapat mengupdatenya sendiri. Dan saya pun mulai banyak bertanya kepada Mr. Google. (kalau bisa sendiri ngapain mesti membayar orang lain, pikir saya)

Ngupdate OS blackberry ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan, caranya benar-benar gampang. Install terlebih dahulu CD bawaannya (BB Desktop Manager) ke komputer. Setelah itu lalu tinggal download update OSnya di us.blackberry.com/support/downloads/download_sites.jsp. Kita tinggal pilih update OS sesuai dengan tipe blackberry yang kita punya lalu pilih versi aplikasi yang terbaru, dan kita bebas milih mau dari operator lokal ataupun operator luar. (Apabila CD BB Desktop Manager hilang dan kita belum sempat menginstallnya ke komputer, bisa didownload juga di link ini). Kalau saya biasanya mencari berita update BB di webnya berryindo, maksudanya biar saya tidak usah bersusah payah mencari update OS BB dari satu operator ke operator lainnya di link di atas.


 Untuk mengetahui versi aplikasi di Blackberry yang kita punya; tekan key shift + alt + H secara bersamaan. (Kebetulan saya menggunakan BB Bold 9780 dan versi aplikasi yang tertanam di dalamnya sekarang adalah versi aplikasi : 6.0.0.706 (3049))
Nah, usai OS BB didownload tinggal klik untuk diinstall ke komputer. Setelah selesai lalu buka my komputer atau windows explorer - klik drive C - klik program files - klik common files - klik reseach in motion - klik apploader - lalu hapus file vendor.xml yang terletak di bagian paling bawah (Apabila os update BB kita dapat dari operator luar - dan nyatanya untuk update OS BB operator kita memang selalu ketinggalan dari operator luar)

Setelah semua tahapan di atas terlewati, lalu jalankan BB Desktop Manager, hubungkan BB ke komputer menggunakan kabel data, tunggu proses sinkronisasi selesai, maka akan nampak di layar komputer tampilan seperti screenshoot di bawah ini :
 

Akan muncul pemberitahuan adanya update OS. Tinggal klik update available dan proses update OS BB pun akan berjalan secara otomatis - biarkan sampai selesai (jika melihat ada tanda centang, dinext aza, maksudnya untuk membackup dan merestore secara otomatis semua data dan aplikasi yang ada di BB - prosesnya kurang lebih 30 menitan. (kecuali jika merasa khawatir semua data dan aplikasi akan hilang setelah proses update selesai, silakan dibackup dulu, lalu restore lagi setelah proses update selesai)


Setelah proses update selesai, jangan lupa untuk membuka aplikasi di BB Destop Manager, barangkali ada bahasa dan aplikasi yang mau ditambahkan ataupun sebaliknya dihapus ke/dari smartphone BB.


TERIMAKASIH MR. GOOGLE, ATAS KEBAIKANMU  SAYA TAK PERLU MEROGOH SAKU UNTUK UPDATE OS BB SAYA

0 komentar :

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.
loading...

Entri Populer